Pemasaran Digital Meningkatkan Kinerja UKM

 

JAKARTA – Pemasaran digital diyakini dapat meningkatkan kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM), yang menjadikan bisnis lebih mudah karena menjangkau pelanggan yang lebih luas di dunia. Melalui penggunaan teknologi informasi, pengusaha UKM dapat menjalankan bisnisnya lebih efisien dan tidak membutuhkan banyak aset seperti bisnis lama.

Budi Moestopo, Asisten Deputi Bidang Koperasi Human Capital dan UKM Departemen Koperasi dan UKM menyatakan pemerintah telah memberdayakan pengusaha untuk memperbarui bisnis mereka menggunakan teknologi informasi dan media sosial. “Kami telah melatih mereka dalam program technopreneur untuk mendekatkan wirausaha dengan media digital atau sosial,” katanya dalam Seminar Nasional; Pemasaran Digital: Peluang dan tantangan Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0.

Menurut dia, pemerintah memiliki niat untuk memotong pengangguran dengan menciptakan pekerjaan baru. Sejak 2012, pemerintah telah membuat tantangan kewirausahaan yang mendukung lulusan baru untuk menciptakan pekerjaan baru di bidang apa pun, seperti perdagangan, kerajinan tangan, fashion, dll.

Selain itu, Budi mengatakan pihaknya telah meluncurkan aplikasi keuangan, Lamikro.com yang akan membantu pengusaha baru untuk memandu kinerja keuangan bisnisnya. “Banyak pengusaha baru yang berantakan dalam membuat laporan keuangan, jadi kami membuat alat yang bisa mereka gunakan untuk mendapatkan solusi,” katanya.

Menurut Kasmir, Dosen di Universitas Jayabaya, setiap orang dapat menciptakan pekerjaan baru di era revolusi. Orang tidak membutuhkan banyak modal dan aset untuk menjadikan impian mereka sebagai pebisnis menjadi kenyataan karena informasi teknologi ada di saku (ponsel pintar).
“Semuanya dapat dilihat dan dijalankan oleh internet. Mereka dapat menjualnya dari sel telepon,” katanya.

Mohammad Rizan, Dosen di Negara Nasional Jakarta menjelaskan tentang sejarah industri. Di industri 4.0, semuanya berubah begitu cepat, termasuk dalam bisnis. Informasi digital telah membuat bisnis lebih efisien dan menciptakan banyak bisnis inovasi gangguan. (LK)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button