Digital Marketing

Apa itu Pemasaran Digital?

Bagaimana Anda Mendefinisikan Pemasaran Digital?

Pemasaran digital didefinisikan dengan menggunakan berbagai taktik dan saluran digital untuk terhubung dengan pelanggan di mana mereka menghabiskan banyak waktu mereka: online. Dari situs web itu sendiri hingga aset branding bisnis online – iklan digital, pemasaran email , brosur online, dan lainnya – adalah taktik yang berada di bawah payung “pemasaran digital.”

Taktik dan Contoh Pemasaran Digital

Pemasar digital terbaik memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana setiap kampanye pemasaran digital mendukung tujuan menyeluruh mereka. Dan tergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka, pemasar dapat mendukung kampanye yang lebih besar melalui saluran gratis dan berbayar yang mereka miliki.

Pemasar konten , misalnya, dapat membuat serangkaian posting blog yang berfungsi untuk menghasilkan arahan dari ebook baru bisnis yang baru saja dibuat. Pemasar media sosial perusahaan kemudian dapat membantu mempromosikan posting blog ini melalui posting berbayar dan organik di akun media sosial bisnis. Mungkin pemasar email membuat kampanye email untuk mengirim mereka yang mengunduh ebook informasi lebih lanjut tentang perusahaan. Kami akan berbicara lebih banyak tentang pemasar digital spesifik ini sebentar lagi.

Berikut adalah ikhtisar singkat dari beberapa taktik pemasaran digital yang paling umum dan saluran yang terlibat di dalamnya.

Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Ini adalah proses mengoptimalkan situs web Anda untuk “peringkat” lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari, sehingga meningkatkan jumlah lalu lintas organik (atau gratis) yang diterima situs web Anda. Saluran yang mendapat manfaat dari SEO meliputi:

  •  Situs web.
  •  Blog.
  •  Infografis.

Pemasaran Konten

Istilah ini menunjukkan penciptaan dan promosi aset konten untuk tujuan menghasilkan kesadaran merek, pertumbuhan lalu lintas, generasi pemimpin, dan pelanggan. Saluran yang dapat berperan dalam strategi pemasaran konten Anda meliputi:

  •  Posting blog.
  •  Ebooks dan whitepapers.
  •  Infografis.
  •  Brosur dan lookbook online.

Pemasaran media sosial

Praktik ini mempromosikan merek Anda dan konten Anda di saluran media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas, dan menghasilkan arahan untuk bisnis Anda. Saluran yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran media sosial meliputi:

  •  Facebook.
  •  Twitter.
  •  LinkedIn
  •  Instagram.
  •  Snapchat.
  •  Pinterest.
  •  Google+.

Bayar-Per-Klik (PPC)

PPC adalah metode mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dengan membayar penerbit setiap kali iklan Anda diklik. Salah satu jenis PPC yang paling umum adalah Google AdWords , yang memungkinkan Anda membayar slot atas pada halaman hasil mesin pencari Google dengan harga “per klik” dari tautan yang Anda tempatkan. Saluran lain di mana Anda dapat menggunakan PPC meliputi:

  •  Iklan berbayar di Facebook.
  •  Tweet Promosi di Twitter.
  •  Pesan Sponsor di LinkedIn.

Pemasaran Afiliasi

Ini adalah jenis iklan berbasis kinerja di mana Anda menerima komisi untuk mempromosikan produk atau layanan orang lain di situs web Anda. Saluran pemasaran afiliasi meliputi:

  •  Hosting iklan video melalui Program Mitra YouTube .
  •  Posting tautan afiliasi dari akun media sosial Anda.

Iklan Asli

Iklan asli mengacu pada iklan yang terutama dipimpin oleh konten dan ditampilkan pada platform di samping konten lain yang tidak berbayar. Posting yang disponsori BuzzFeed adalah contoh yang baik, tetapi banyak orang juga menganggap iklan media sosial sebagai iklan “asli” –  misalnya Facebook dan iklan Instagram.

Otomasi Pemasaran

Otomatisasi pemasaran mengacu pada perangkat lunak yang berfungsi untuk mengotomatisasi operasi pemasaran dasar Anda. Banyak departemen pemasaran dapat mengotomatisasi tugas berulang yang seharusnya mereka lakukan secara manual, seperti:

  •  Email buletin.
  •  Penjadwalan pasca media sosial.
  •  Pembaruan daftar kontak.
  •  Alur kerja yang memelihara kepemimpinan.
  •  Pelacakan dan pelaporan kampanye.

Email Pemasaran

Perusahaan menggunakan pemasaran email sebagai cara berkomunikasi dengan audiens mereka. Email sering digunakan untuk mempromosikan konten, diskon, dan acara, serta untuk mengarahkan orang ke situs web bisnis.Jenis email yang mungkin Anda kirim dalam kampanye pemasaran email meliputi:

  •  berlangganan blog.
  •  Tindak lanjuti email ke pengunjung situs web yang mengunduh sesuatu.
  •  Email sambutan pelanggan.
  •  Promosi liburan kepada anggota program loyalitas.
  •  Kiat atau email seri serupa untuk memelihara pelanggan.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button